8 Tips Mempersiapkan Acara Pernikahan Hemat dan Meriah

Advertisement
Bulan - bulan setelah bulan Ramadhan biasanya adalah bulan - bulan dimana para pasangan akan melaksanakan pesta atau acara pernikahan, tentu setiap orang di dunia ini ingin melaksanakan acara tersebut, mewah atau sederhananya acara pernikahan adalah pilihan anda dengan pasangan anda. Dan jika kita berbicara mahal dan murah tentu kita juga akan berbicara budget pernikahan tersebut.

Mempersiapkan acara pernikahan ada baiknya dipersiapkan jauh - jauh hari karena acara tersebut adalah acara sakral dan bisa jadi acara pernikahan tersebut hanya bisa terjadi sekali dalam hidup anda. Dengan mempersiapkan acara pernikahan jauh hari, tentu acara tersebut bisa berjalan dengan lancar. Namun keinginan biasanya akan terhalang dengan biaya atau budget. Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa tips cara melaksanakan acara pernikahan yang sederhana namun tetap berkesan.

1. Bicarakan Dengan Orang Tua / Kerabat
Bicarakan Dengan Orang Tua / Kerabat
Jika ini adalah pernikahan pertama anda memang wajar anda akan disuguhkan dengan beberapa hal yang mungkin bisa membuat pikiran anda pusing, oleh karena itu ada baiknya anda cobalah untuk membicarakan dengan orang tua anda atau dengan saudara anda, terutama perihal biaya pernikahan. Hal ini sangat penting sekali khususnya untuk anda yang mempunyai budget pas untuk biaya pernikahan karena terkadang membicarakan hal ini hanya dengan calon pasangan anda belum cukup, tambahan pendapat dari orang tua atau kerabat bisa menjadi solusi atau ide yang sangat bagus untuk anda dan calon pasangan anda.

2. Buat Daftar Barang Yang Akan Dibeli
Buat Daftar Barang Yang Akan Dibeli
Jika sudah dibicarakan dengan orang tua dan sudah diskusi dengan calon pasangan anda ini saatnya anda membuat daftar harga atau tabel barang apa saja yang akan dibeli lengkap dengan harga setiap barang tentunya. Hal ini sangat penting karena terkadang barang yang sudah ada di list bisa saja dihapus karena memang anda tidak perlu barang tersebut atau ada kerabat atau teman anda yang mempunyai barang tersebut. Hal ini tentunya akan berdampak pada biaya yang menjadi lebih hemat.

3. Menentukan Tempat Pernikahan
Menentukan Tempat Pernikahan
Tempat pernikahan adalah hal yang mungkin bisa dibilang menjadi kesan pertama melihat suasana pernikahan, tempat pernikahan juga biasanya ada yang dilaksanakan di indoor atau juga di outdoor. Tentu ada resiko dari dua hal tersebut seperti jika di outdoor cuaca harus mendukung tidak panas dan juga tidak hujan, sedangkan jika di indoor contohnya di gedung tentu anda harus menyewa gedung tersebut. Namun jika anda tidak memiliki cukup biaya untuk menyewa gedung, pernikahan yang dilaksanakan dirumah pun tidak akan mengurangi kesan pernikahan anda dengan calon pasangan anda.

4. Tentukan Jumlah Undangan
Tentukan Jumlah Undangan
Undangan juga adalah hal yang paling penting harus anda perhitungkan karena banyaknya undangan akan sebanding dengan konsumsi yang harus anda keluarkan, oleh karena itu pikirkan terlebih dahulu siapa saja yang akan anda undang ke acara pernikahan anda, keluarga, kerabat dan teman kerja tentu wajib harus anda undang, sedangkan untuk teman sendiri biasanya orang yang akan menikah tidak harus mengundang temanya semua cukup teman yang terdekat dan sering bertemu.

5. Buat Dalam Satu Hari
Buat Dalam Satu Hari
Untuk anda yang ingin menghemat budget pernikahan mungkin tips ini bisa anda lakukan yaitu melakukan prosesi pernikahan dalan satu hari saja, pada dasarnya pernikahan yang paling penting harus ada dalam acara tersebut yaitu akad nikah dan resepsi. Tentu untuk anda yang mempunyai budget tinggi bisa dibuat terpisah atau menjadi dua hari. Namun balik untuk anda yang ingin menghemat budget pernikahan dua acara tersebut bisa dilaksanakan dalam satu hari saja.

6. Persiapkan Baju Pengantin
Persiapkan Baju Pengantin
Mempersiapkan baju pengantin sebaiknya dipersiapakn jauh - jauh hari karena terkadang ada beberapa orang yang ingin mengganti pakaian yang sudah dipesan terutama untuk wanita yang mempunyai aksesoris dan jenis pakaian pernikahan cukup rumit. Hindari memesan pakaian pernikahan secara mendadak karena jika ada hasil yang tidak sesuai dengan selera anda atau dengan apa yang anda inginkan tentu pernikahan anda pun akan sedikit tidak menyenangkan terutama untuk anda tidak bahagia. 

7. Menggunakan Jasa Wedding Organizer
Menggunakan Jasa Wedding Organizer
Sebenarnya tips diatas tadi bisa lebih dimudahkan jika anda memesan Wedding Organizer atau sering kita sebut dengan WO. Namun kelemahan menggunakan jasa yang satu ini anda hanya bisa memilih paket yang ditawarkan oleh WO tersebut. Tentu anda pun bisa lebih hemat jika memilih sendiri semua keperluan pernikahan. Tetapi kembali lagi untuk anda yang tidak mau ribet Wedding Organizer bisa menjadi pilihan yang terbaik. Wedding Orginazer juga biasanya menyediakan paket seperti dekorasi, katering, fotografi, pakaian pengantin, dokumentasi, dan tata rias pengantin.

8. Buat Souvenir dan Undangan Yang Unik
Buat Souvenir dan Undangan Yang Unik
Mungkin yang terakhir hanya tambahan saja yaitu pemilihan bentuk atau jenis souvenir dan undangan. Tentu anda ingin sekali membuat tema atau desain undangan pernikahan sendiri, desain undangan yang unik dan juga bagus terkadang akan disimpan dengan baik oleh tamu undangan. Selain itu souvenir yang unik dan yang paling penting berguna akan selalu di simpan juga oleh tamu undangan pernikahan anda. 

Mungkin itu tadi beberapa hal yang harus anda perhatikan dan juga pikirkan tentang sebuah acara pernikahan. Tentu ada baiknya semua hal tersebut tidak hanya dipikirkan oleh anda sendiri, cobalah untuk membagi tugas dengan calon pasangan anda dalam hal acara pernikahan ini. 
Advertisement
Description: 8 Tips Mempersiapkan Acara Pernikahan Hemat dan Meriah, Rating: 4.5, Reviewer: Din Kusdinar, ItemReviewed: 8 Tips Mempersiapkan Acara Pernikahan Hemat dan Meriah

Ditulis Oleh : Din Kusdinar
Hari: 18.45 Kategori:

1 komentar: