Tips dan Cara Merawat Motor Injeksi Yamaha Vixoin Agar Terjaga Performanya

Advertisement
Jika sebelumnya saya pernah memberikan kepada anda sebuah informasi tentang bahaya terbaru trik pencurian sepeda motor, dan untuk kali ini saya kembali akan membagikan kepada anda informasi tips bagaimana cara merawat motor Yamah Vixion injeksi agar selalu tetap pada performanya. Seperti yang sudah kita tahu kebanyakan orang Indonesia suka sekali dengan kendaraan roda dua ketimbang roda empat, memiliki sepeda motor pada dasarnya memiliki juga keuntungan sendiri seperti bisa hemat waktu pada saat akan menuju tempat selain bisa menerobos jalan - jalan kecil tidak seperti mobil. Di Indonesia sendiri banyak sekali pabrikan sepeda motor yang sudah banyak konsumenya salah satu produsen motor yang cukup banyak konsumennya adalah Yamaha.
Tips dan Cara Merawat Motor Injeksi Yamaha Vixoin Agar Terjaga Performanya
Pabrikan sepeda motor asal Jepang ini selalu memberikan produk - produk sepeda motor yang mempunyai kualitas tinggi, seperti salah satu prdok andalanya yaitu Yamaha Vixion. Motor berjenis sport yang kini sudah mengadopsi mesin injeksi yang mempunyai kelebihan seperti irit bahan bakar namun performa lebih tanggguh dan cepat. Selain itu sepeda motor Yamaha Vixion juga sudah di bekali dengan mesin berteknologi SOHC dilengkapi pendingin cairan (radiator), dengan adanya tenologi tersebut di mesin Vixion membuat performa dari motor ini sangat tangguh dan terkenal bandel. Untuk anda yang memiliki Yamaha Vixion pastinya ingin sekali motor tersebut tetap dalam kondisi fit dan performanya tidak menurun, nah di bawah ini ada beberapa tips dan cara bagaimana menjaga kondisi motor injeksi seperti Yamaha Vixion.

1. Perhatikan Kondisi Aki
sepeda motor berjenis injeksi sangat bergantung sekali pada aki, pada saat penghidupan pertama pada sepeda motor injeksi aki mempunyai peranan penting untuk sistem pembakarang pada mesin motor. Oleh karena selalu perhatikan kondisi aki di motor anda, jika air pada aki sudah berkurang segera isi kembali, atau juga jika aki anda sudah tidak bisa menghantarkan listrik segera ganti aki tersebut.

2. Ganti Oli Secara Teratur
tidak hanya untuk motor jenis injeksi motor - motor lain juga ada baiknya ganti oli secara teratur, rajin - rajinlah mengganti oli motor jangan sampai mesin motor anda kering dan mengganggu pada gear di dalam mesin motor yang pada akhirnya mengganggu kinerja mesin motor. Untuk rentan waktunya biasanya untuk mengganti oli motor anda sudah berjalan sampai 1.000 km sekali dan oli gear setiap 5.000 km. Untuk motor jenis matic juga ada baiknya ganti oli shockbreaker setiap 10.000 km atau sampai sudah terdengar suara mendecit.

3. Periksa ECU
Untuk anda yang suka mengotak atik motor, pastinya tahu tentang ECU (Electronic Control Unit). ECU sendiri adalah jantungnya sebuah motor injeksi, bagian - bagian seperti injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injektor juga diatur oleh ECU. Oleh karena itu jika ECU sendiri terganggu atau rusak motor anda pun dipastikan akan mogok. Jadi ada bagusnya cek selalu bagian ECU ini ke montir atau pada saat di bawa ke servis.

4. Perawatan Busi
Busi di dalam sebuah motor mempunyai fungsi sebagai pemantik api yang di butuhkan pada saat proses pembakaran mesin, jika busi di dalam motor rusak maka proses pembakaran di dalam mesin tidak akan sempurna yang mengakibatkan kurangnya tenaga pada motor atau juga bahkan motor tidak bisa menyala. Oleh karena itu disarankan untuk mengganti busi pada setiap jarak tempuh 20.000 km agar performa mesin tetap berjalan maksimal

5. Lakukan Servis Secara Rutin
Semua hal diatas bisa diceka secara berbarengan dengan cara di servis, entah itu oleh montir atau anda membawa motor ke deler untuk di servis. Apalagi untuk motor berjenis injeksi setidaknya servis motor anda secara berkala setiap 3.000 km sekali atau sesuai dengan buku petunjuk pemakaian, dan selalu menanyakan hal - hal lain atau menita pendapat tentang performa motor anda ke montir pada saat di servis.

6. Cek Selalu Ruang Bakar
Bagi anda yang sudah setahun memiliki motor Yamaha Vixion ada bagusnya anda cek ruang pembakaran karena biasanya jika sudah lama digunakan apalagi sudah rentan waktu satu tahun, besar kemungkinan ada beberapa kerak yang menempel pada piston ataupun di squise di silinder head. Jika tidak di bersihkan maka performa dari motor pun akan melambat dan juga kerak tersebut bisa berpengaruh pada boros tidaknya bahan bakar pada Yamaha Vixion.

7. Cek Rutin Filter Udara
Selain selalu mencek ruang pembakaran atau tanki bensin, bagi anda yang mempunyai motor injection bersihkan juga filter udara secara rutin. Filter udara sendiri mempunyai fungsi untuk menyalurkan udara bersih pada saat proses pembakaran di dalam mesin. Jadi jika filter udara tersebut kotor maka pasokan udara ke ruang pembakaran dengan mesin sedan proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Karena pada saat proses pembakaran, mesin membutuhkan udara yang bersih agar sempurna. Selain itu juga jika filter udara sudah tidak dapat digunakan lagi atau denga kata lain rusak, cepat ganti dengan yang baru.

8. Pilih Bahan Bakar Yang Berkuallitas
Ingin mendapatkan mesin motor yang tetap prima dan bertenaga tentunya asupan tenaga untuk mesin motor anda pun harus yang berkualitas. Pertamax adalah salah satu bahan bakar yang bisa dibilang cukup ampuh untuk menjaga performa mesin motor vixion anda berlari dengan kencang. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk berpindah menggunakan pertamax jika anda masih menggunakan premium untuk bahan bakar motor anda, selain dapat menjaga performa mesin motor, penggunaan pertamax pada mesin pun akan merawat mesin secara tidak langsung.

Demikian tadi beberapa cara agar motor vixion injeksi anda bisa tetap dalam performa terbaiknya, dan juga agar bisa selalu gesit serta cepat di jalan. Motor jenis injeksi seperti Yamah Vixion mempunyai perawatan yang cukup berbeda dengan jenis motor - motor lain, oleh karena itu kenali terlebih dahulu bagian mesin pada motor injeksi selagi anda mengendari atau mempunyai motor injeksi Yamaha Vixion.
Advertisement
Description: Tips dan Cara Merawat Motor Injeksi Yamaha Vixoin Agar Terjaga Performanya, Rating: 4.5, Reviewer: Din Kusdinar, ItemReviewed: Tips dan Cara Merawat Motor Injeksi Yamaha Vixoin Agar Terjaga Performanya

Ditulis Oleh : Din Kusdinar
Hari: 16.32 Kategori:

1 komentar: