10 Makanan Pengganti Nasi Untuk Anda Yang Sedang Diet

Advertisement
Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah tips kesehatan seputar cara alami mencegah timbulnya jerawat, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagikan kepada anda sebuah tips memilih makanan pengganti nasi untuk anda yang sekarang sedang menjalani diet. Semua wanita yang ada di dunia ini pastinya mendambakan tubuh yang lasing dan wajah yang bersih dari jerawat atau juga dari penyakit lainnya, hal tersebut anda bisa dapatkan jika anda benar - benar berusaha mendapatkannya. Untuk menurunkan berat badan ada banyak hal yang bisa anda lakukan, dari konsultasi ke dokter sampai tips yang sederhana yang bisa wanita lakukan, yaitu diet. Setiap wanita bisa melakukan hal tersebut, akan tetapi perbedaanya apakah wanita tersebut kuat melewati ganggguan untuk makan - makanan yang banyak, banyak sekali wanita yang tidak sanggup untuk memakan makanan favoritenya ketika mereka sedang melakukan program diet.

Jika anda suka makan akan tetapi ingin melakukan diet anda bisa mengganti makanan pokok anda dengan makanan lain yang kandungan gizinya bisa sebanding dengan makanan pokok anda, anda bisa menggunakan buah - buahan pengganti makanan anda setip hari, dengan catatan anda tidak memakan makanan yang mempunyai karbohirat tinggi seperti makan baso atau juga jajanan yang tidak menyehatkan. Di situlah wanita di uji akan program dietnya, nah orang Indonesia sendiri makanan pokokny adalah nasi, saking makanan pokonya kalau kita sudah jajan banyak hal tersebut bukanlah yang namannya makan, karena yang namannya makan menurut orang Indonesia adalah memakan nasi. Nah di bawah ini ada daftar makanan yang bisa anda gunakan untuk pengganti nasi dalam program diet anda.

1. Pasta
Mie ala luar negeri ini sangat lezat dan mudah untuk memasaknya, anda bisa mendapatkannya di beberapa supermarket dekat rumah anda, seperti mie yang lainnya kandungan gizinya hampir sama dengan semangkuk nasi. Untuk anda yang belum tahu kandungan dari pasta ini, diantarnya adalah GI hanya hanya 4,1, hampir sama dengan buah pir. Mengandung tinggi asam folat, rendah lemak, bahkan kandungan glukosanya lebih rendah dari berbagai jenis roti. Untuk lebih enak ketika di santap anda bisa membuat sausnya sendiri, saus tomat bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang suka dengan saus ketika menyantap makanan.

2. Jagung
Makanan ini sangat mudah untuk di cari dan juga sangat mudah untuk di olahnya juga, sumber karbohidrat yang kaya antioksidan. Selain mengandung vitamin B, serat, dan mineral, pigmennya bagus untuk mata dan paru-paru. Sekear tips saja pilihlah jagung organik agar anda bisa terhindar dari zat perstisida pembunuh serangga yang sangat patal bagi kesehatan anda ketika zat tersebut termakan dan masuk kedalam tubuh kita. Jagung juga bisa di jadikan bekal di perjalanan pengganti nasi. Atau juga bisa di jadikan sup dan di satukan dengan bahan - bahan yang lainnya.

3. Kentang
Sama dengan jagung kentang sendiri sangat mudah di dapatkan, mungkin anda pun yang mempunyai halaman rumah bisa menanam kentang untuk di jual atau juga untuk di konsumsi. Untuk kandungannya sendiri kentang mempunyai sejumlah zat yang bagus bagi tubuh diantarannya, kentang mengandung vitamin C, B, zat besi, kalium, kalsium, dan serat. Selain itu makanan ini mempunyai sebuah zat yang bernama resisten, sebuah zat yang bisa membantu untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh kita. Ketika mengolah kentang ada baiknya anda merebus dari pada anda menggorengnya.

4. Sukun
Tanaman ini sebenarnya termasuk kedalam buah - buahan akan tetapi kandungan gizinya bisa di bilanga hampir sama dengan nasi, dan setara dengan makanan yang sudah ada diatas tadi. Di bandingkan dengan kentang sukun memiliki zat karbohidrat yang lebih tinggi dari kentang, tidak hanya itu sukun juga memiliki zat yang istimewa yaitu, senyawa flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal. Sukun juga mempunyai gadar GI yang rendah sehingga bisa berperan untuk membantu mengendalikan gula di dalam tubuh kita pada tingkatan yang aman.

5. Ubi Jalar
Yang terakhir ini mungkin sudah jarang untuk di dapatkan di kota - kota besar, akan tetapi kalau anda tinggal di dekat perkebunan atau desa, mungkin saja ubi jalar bisa anda dapatkan, dan juga bisa menggantikan makanan pokok anda yaitu nasi. Ubi jalar sendiri mempunyai segudang kandungan gizi yang bagus bagi tubuh kita, diantaranya memiliki kadar GI rendah yakni 54. Ubi jalar juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Tidak hanya itu ubi jalar juga memiliki serat yang tinggi yang cepat di serap oleh tubuh kita, dan dapat mencegah sembelit. Oleh karena itu ubi jalar cocok sekali untuk menjaga berat badan kita.

6. Sagu
Salah satu makanan yang sering djadikan bahan makanan lain atau menjadi pelengkap makanan lain ini mempunyai khasiat yang cukup bagus untuk menggantikan peran nasi pada saat anda sedang dalam program diet. Sagu sendiri memiliki karbohidrat, protein, serat dan zat lainnya, makanan yang mempunyai olahan utama dari sagu pun bisa mencegah penyakit seperti sembelit dan terhidar dari kanker usus. Sagu pun bisa memberikan rasa kenyang tanpa membuat anda gemuk. Sagu pun tidak cepat meningkatkan kadar glukosa dalam darah  sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus / kencing manis.

7. Talas
Talas
Walaupun tidak setenar dengan makanan diatas namun salah satu makanan yang disebut dengan talas ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh kita sekaligsu bisa menjadi pengganti nasi ketika anda sedang dalam proses diet. Komponen yang ada di dalam talas sendiri adalah karbohidrat dan protein, untuk karbohindratnya sendiri memiliki kandungan mencapai 77.9 % dan memiliki sifat yang mudah dicerna. Sementara itu protein yang ada di dalam talas lebih tinggi di bandingkan dengan ubi jalar atau juga singkong, serta kaya akan serat yang mencapai 5,3 gram atau 20,5% memenuhi kebutuhan serat sehari. Dan manfaat lain bagi tubuh dari talas ini adalah dapat mencegah resiko gangguan jantung serta tekanan darah tinggi.

8. Pisang
Pisang
Untuk dari buah - buahan sendiri makanan yang bisa membantu menggantikan peran nasi untuk asupan energi pada tubuh kita yaitu buah pisang, buah yang mempunyai warna kuning ini mempunyai karbohidrat yang kompleks dan tidak akan menaikan kadar glukosa dengan cepat atau drastis. Selain itu buah pisang juga rendah lemak jadi cocok sekali bagi anda yang sedang diet untuk menggantikan nasi dengan buah pisang ini. Dan ada baiknya mengkonsumsi buah pisang ini langsung saja maksudnya ada baiknya mengkonsumsi buah pisang sebelum di olah menjadi kripik atau menjadi makanan lainnya, agar vitamin dan juga kandungan zat baiknya bisa di serap dengan baik ole tubuh kita.

9. Pepaya
Pepaya
Selain buah pisang ada satu lagi buah yang cukup bisa mengganjal perut anda atau menjadi pengganti nasi yaitu buah pepaya. Buah yang mempunyai khasiat memperlancar pencernaan ini cukup ampuh untuk menggantikan nasi sebagai karbohidrat dalam tubuh setiap harinya, bahkan buah pepaya pun aman di konsumsi pada pagi hari walaupun perut kita sedang dalam keadaan kosong. Selain baik untuk pencernaan dan juga bisa menjadi pengganti nasi buah yang satu ini pun sangat bagus untuk kesehatan kulit anda terutama untuk kulit wajah, sudah banyak sekali orang mencoba masker dengan buah pepaya ini dan merasakan khasiatnya.

10. Gembili
Gembili
Selain ubi jalar anda pun bisa mengganti nasi dengan gembili, salah satu makanan yang termasuk ke dalam umbi - umbian ini cukup ampuh untuk anda yang merasa lapar namun sedang diet, memang jika dibandingkan dengan ubi jalar gembili ini cukup langka, selain itu proses dijadikan makanan pun harus teliti karena jika salah saja mengolah gembeili ini menjadi makanan anda pun akan terasa gatal di bagian tubuh. Di dalam gembili sendiri terdapat kandungan inulin yang dimana mampu membantu untuk meningkatkan kinerja usus agar bisa membuat sisa makanan dengan lebih mudah. Selain itu gembili juga mempunyai kandungan lain seperti lemak, protein, kalori, vitamin B, fosfor, kalsium, karbohidrat, zat besi, dan Vitamin C.

Nah mungkin itu tadi lima makanan yang bisa anda gunakan untuk pengganti nasi ketika anda sedang dalam program diet. Makanan - makanan diatas memiliki kandunga gizi vitamin dan juga zat besai yang sama dan setara dengan nasi yang selalu kita konsumsi setiap harinya. Yang terpenting dari program diet adalah kedisiplinan anda dalam mejaga pola makanan dan juga pola kehidupan anda. Keduanya harus diatur agar bisa mendapatkan hasil yang bagus dan juga hasil yang memuaskan bagi anda yang melakukannya. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: 10 Makanan Pengganti Nasi Untuk Anda Yang Sedang Diet, Rating: 4.5, Reviewer: Din Kusdinar, ItemReviewed: 10 Makanan Pengganti Nasi Untuk Anda Yang Sedang Diet

Ditulis Oleh : Din Kusdinar
Hari: 17.48 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar