Ini Dia 10 Keuntungan Tidur Menghadap Atau Miring ke Kanan

Advertisement
Ketika tidur semua otot dan indera kita sedang istirahat terkecuali otak kita, oleh karennya istirahatnya organ kita harus semaksimal mungkin, apalagi jika anda sudah bekerja atau melakukan aktivitas yang berat pada waktu pagi sampai sore. Ada yang berkata bahwa tidur mring ke kanan adalah salah satu sikap tidur yang bagus, dan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah benar. Karena kalau kita di lihat dari medis adalah posisi tidur diusahakan agar kepala menghadap utara dan kaki menghadap selatan sehingga tubuh tidak menolak arus/medan magnet konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik utara menuju ke selatan dan berpengaruh baik terhadap sistem syaraf kita.
Keuntungan Tidur Menghadap Atau Miring ke Kanan
Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini, karena mungkin percaya tidak percaya, atau juga tidak peduli akan hal ini. Tetapi jika kita melihat dari kelebihannya tidak salahnya jika anda mencobanya, dan juga bisa merasakan hal yang bagus pada tubuh anda. Sebenarnya di Islam sendiri Rasulullah SAW telah memerintahkan pada sahabatya dan juga untuk para muslim, agar tidur menghadap atau miring ke kanan.

Dan sebaliknya jika kita menghadap ke kiri maka akan terjadinya penghimpitan posisi jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan pasokan darah ke otak berkurang. Hal ini bisa mengakibatkan kita sering mengalami mimpi buruk serta berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme). Maka dari itulah posisi dalam tidur harus ke kanan, dan Rasulullah SAW juga selalu tidur mengahdap ke kanan dan juga di anjurkan atau di sunnahkan untuk melakukan hal tersebut. Nah di bawah ini ada beberapa kelebihan yang anda dapatkan jika anda tidur dengan menghadap ke kanan.

1. Mengistirahatkan Otak Kiri
Kita tahu bahwa setiap otak manusia di bagi 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri, dan dalam kehidupan kita, ketika kita beraktivitas banyak melakukan badan yang sebagian kanan seperti menendang atau juga menulis, yang artinya anda sedang menggunakan otak kiri. Maka dengan tidur pada posisi sebelah kanan, otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktivitas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam.

2. Mengurangi Beban Jantung
Dengan tidur pada posisi sebelah kanan memungkinkan darah terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan. Dengan begitu beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung menjadi lebih lambat dan tekanan darah juga akan menurun. Kondisi ini akan membantu kualitas tidur. Hal tersebut bisa terjadi karena posisi jantung condong ke sebelah kiri. Dan jika ketika anda tidur miring ke kiri, pasoka darah akan banyak mengalir ke kanan dari pada paru - paru kiri.

3. Mengistirahatkan Lambung
Jika anda tidur miring ke kiri proses pengeluaran makanan yang telah di cerna oleh lambung dan bercampur dengan asam lambung akan terganggu di bandingkan dengan jika anda tidur dengan posisi miring ke kanan. Hambatan tersebut pada akhirnya akan meningkatkan akumulasi asam yang akan menyebabkan erosi lambung.

4. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi
Untuk anda yang sudah tua dan sudah berumur pastinya tulang anda juga akanberumur dan sudah mulai keropos bahkan rapuh, sebetulnya anda tidak perlu meminum sebuah obat untuk menguatkan tulang anda, cukup memakan makanan yang mempunyai zat besi yang tinggi, dan juga tidur dengan posisi miring ke kanan. Karena Dengan posisi sebelah kanan, perjalanan makan yang telah tercerna dan siap di serap akan menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada dibawah.

5. Merangsang Untuk BAB
Tidur miring ke sebelah kanan akan membuat proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) lebih cepat penuh. Jika sudah penuh akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air besar. Ini sangat bermafaat untuk anda yang selalu sembelit pada waktu bangun tidur, hal tersebut karena kotoran yang ada di usus tidak berjalan dengan sempurna.

6. Meningkatkan Kesehatan Paru - Paru
Untuk anda yang belum tahu bahwa paru - paru bagian kanan lebih besar dari pada bagian kiri oleh sebab itu dengan tidur menghadap ke kanan, kita bisa mengistirahatkan sejenak paru - paru bagian kiri, dan biasanya jantung juga akan condong ke kanan, namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena jantung akan menekan paru-paru kanan yang ukurannya lebih besar.

7. Mengurangi Beban Jantung
Ketika kita sedang tidur dengan posisi menyamping ke kanan, dara di seluruh tubuh akan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan. Hal ini menyebabkan darah yang masuk dan keluar dari jantung akan berkurang, hal tersebut menyebabkan denytu jantung akan melambat dan tekanan darah pun akan menurun. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa orang lain karena posisi jantung lebih condong ke sebelah kiri

8. Mengistirahatkan Lambung
Seperti yang kita tahu makanan yang kita masukan ke dalam tubuh akah dihancurkan dan di pilih pilih mana zat yang bagus dan tidak bagus di dalam lambung, dan jika lambung tidak berjalan dengan baik maka tubuh kita pun akan kekurangan gizi dan vitamin. Dengan tidur menghadap ke kanan lambung kita pun bisa beristirahat setelah seharian bekerja. Lambung sendiri berbentuk seperti tanda koma yang dimana ujung katupnya keluar menuju usus menghadap kearah kanan bawah. Dan jika seseorang tidur menghadap ke kiri maka proses pengeluaran chime akan terganggu, serta hal tersebut berimbas pada lambatnya proses pengosongan lambung.

9. Melancarkan Saluran Pernapasan
Dengan tidur menghadap ke kanan saluran pernafasan anda pun akan berjalan dengan normal, tidur miring sendiri secara teknis mampu mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dimana dapat mengganggu saluran pernapasan. Tidur dengan posisi terlentang pun bisa menghambat saluran pernapasan karena terhalang oleh lidah, oleh karena itu orang yang tidurnya terlentang sering mendengkur karena saluran pernapasannya tersumbat dan bahkan ada yang sampai terbangun dari tidur. Jika sudah bangun orang tersebut terkadang akan merasa pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam otak. Dan hal tersebut mengganggu sekali untuk kualitas tidur anda.

10. Menghilangkan Sakit Leher dan Punggung
Untuk anda yang suka sakit leher atau punggung pada saat bangun tidur, mungkin selama ini anda salah posisi tidur. Tidur dengan menghadap atau miring ke kanan adalah salah satu solusi terbaik untuk anda yang sering sakit leher atau punggung. Dengan tidur posisi seperti diatas maka tulang anda pun akan lebih terdukung dengan adanya lekukan alami yang dimana rasa sakit pada bagian leher dan punggung pun akan berkurang dan lama kelamaan sakit tersebut akan hilang selama anda tidur dengan menghadap atau miring ke kanan.

Nah itu tadi beberapa keuntungan yang anda dapat jika anda melakukan tidur dengan miring ke kanan, ini adalah alasan kenapa Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk tidur ke arah kanan, karena banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita jika melakukan hal tersebut, terkadang hal - hal yang spele seperti tidur mengahadap ke kanan bisa membuat kesehatan terjaga, dan malah bisa meningkat, akan tetapi kebanyakan orang masih belum mengetahui hal ini, pada intinya anda harus banyak membaca, karena masih banyak sekali beberapa hal yang dianggap kita spele, tetapi pengaruh pada kita sendiri sangat besar. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Ini Dia 10 Keuntungan Tidur Menghadap Atau Miring ke Kanan, Rating: 4.5, Reviewer: Din Kusdinar, ItemReviewed: Ini Dia 10 Keuntungan Tidur Menghadap Atau Miring ke Kanan

Ditulis Oleh : Din Kusdinar
Hari: 16.39 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar