Ini Dia10 Fakta Unik Seputar Kentut Manusia

Advertisement
Sebenarnya ada banyak sekali kejadian yang belum terpecahkan oleh manusia, walaupun kejadian tersebut sangat kecil dan sangat familiar karena ada di sekitar kita kejadian tersebut. Untuk membuktikan dan membongkar kejadian tersebut anda harus meneliti secara ilmiah ataupun secara resmi untuk mendapatkan data yang benar, dan pada akhirnya menyimpulkan dan membuat statment yang resmi bahwa ada sebuah kejadian yang sudah terpecahkan. Dan lambat laun hal tersebut akan menjadi sebuah ilmu yang baru untuk para anak - anak calon dari kita untuk masa depan di bumi ini. Kita bisa ambil contoh dari kebiasaan kita setiap hari yaitu kentut.
Ini Dia10 Fakta Unik Seputar Kentut Manusia
Terkadang kita selalu ingin kentut akan tetapi situasi yang sedang kita hadapi memaksa anda tidak boleh kentut seperti di dalam sebuah rapat, atau juga untuk anda yang sedang belajar seperti di kuliahan atau di kelas. Hal tersebut wajar di lakukan oleh anda, akan tetapi jika anda menahan kentut tersebut berulang - ulang hal tersebut tidak baik bagi tubuh anda sendiri, karena pada dasarya gas tersebut ada gas kotor yang tentunya harus di keluarkan dari tubuh kita. Anda bisa permisi dahulu ke kamar mandi untuk mengeluarkan kentut anda, dari pada anda tahan menjadi penyakit pada tubuh anda.

Apakah anda sering berfikir bagaimana proses kentut terjadi dan, mengapa kentut itu bau dan suaranya bermacam - macam, hal tersebut sudah di teliti oleh beberapa orang yang sangat interest pada hal tersebut, dan pada hasil akhirnya data tersebut bisa di jadikan alat untuk meneliti kelanjutanya, ataupun sebagai ilmu untuk yang menginginkan dalam bidang tersebut. Nah di bawah ini ada beberapa fakta unik seputar kentut yang wajib anda ketahui, dan bisa dijadikan ilmu yang baru untuk anda.

1. Apa komposisi Kentut ? 
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dalam udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai usus). Adanya bakteria dan reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteria juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak uidara yang tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentutnya lebih banyak karena tubuh tidak sempat mengabsorbsi oksigem.

2. Kenapa Kentut yang busuk itu hangat dan tidak bersuara ? 
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, dan hasil sampingannya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya tapi SBD (Silent but Deadly).

3. Mengapa Kentut keluar melalui lubang dubur ? 
Karena density-nya lebih ringan, mengapa gas tidak melakukan perjalanan ke atas ? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus termasuk gas-ganya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung menjadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.

4. Kenapa Kentut berbau busuk ? 
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfur dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut dan makin busuklah kentut anda. Telur dan daging berperan besar dalam menghasilkan bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut dan bukan kebusukannya.

5. Apakah setiap orang Kentut ? 
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah matipun orang masih bisa kentut. Karena ada sisa makanan yang masih ada prosesnya di dalam usus seseorang walaupun orang tersebut tidak melakukan apapun atau juga pada waktu orang tersebut mati. Maka dari setiap orang pasti kentut, dan hal tersebut wajar untuk di lakukan karena hal tersebut adalah kebutuhan bagi manusi. Mungkin itu tadi 5 fakta unik tentang kentut yang patut anda ketahui tentang kentut, karena anda sering kentut dan anda tidak mengetahui seluk beluk apa dari kentut tersebut, walaupun terasa jorok anda harus megetahuinya untuk menambah wawasan anda di kemudian hari. Dari lima diatas ada juga kelebihan kentut yang mungkin belum anda ketahui.

6. Normalnya Orang Sehat Kentut 14 Kali Sehari
Bagi anda yang belum tahu bahwa kentut pada orang yang normal dengan kata lain orang tersebut sedang dalam keadaan sehat bisa menghasilkan kentut sebanyak setengah liter per hari, setengah liter sendiri jika dibagi bisa menjadi rata - rata 14 kentut setiap harinya. Gas yang keluar dari kentut sendiri tentunya berbeda - beda volumenya, bisa sedikit dan berbau atau banyak, berbunyi keras dan tak berbau. Tetapi beberapa orang tentunya adan juga yang tidak bisa kentut 14 kali dalam sehari karena suatu keadaan seperti ada gangguan di dalam perutnya.

7. Orang Meninggal Pun Masih Bisa Kentut
Tidak hanya orang yang masih hidup saja yang bisa kentut, orang yang sudah meninggal pun bisa ketut, hal tersebut bisa terjadi lantaran gas yang terkumpul di dalam tubuh saat orang tersebut meninggal setelah 3 jam akan keluar dengan sendirinya pada saluran pencernaan, dan terkadang juga orang yang sudah meninggal pun masih bisa bersendawa, karena adanya kontraksi otot sebelum mayat tersebut mengalami kekakuan. Oleh karena itu jangan heran atau jangan takut jika ada mayat kentut atau bersendawa karena hal tersebut normal terjadi bukan mayat tersebut hidup lagi.

8. Apa Yang Terjadi Jika Kentut Tidak Dikeluarkan
Mungkin beberapa orang berfikir bahwa kentut yang tidak dikeluarkan akan menghilang, namun hal tersebut salah. Kentut yang tidak jadi atau tidak dikeluarkan akan di serap oleh darah atau bocor ke organ lain, gas yang tadinya harus dikeluarkan namun tidak di keluarkan akan bergerak ke bagian atas usus, dan pada akhirnya akan keluar juga. Jadi pada intinnya kentut yang tidak jadi akan keluar juga namun hanya penundaan saja.

9. Dari Mana Asal Kentut
Jika secara logika dari mana asal kentut pasti dari makanan yang kita makan, namun sebenarnya bukan makanan yang kita makan namun gas yang masuk ke dalam tenggorokan kita pada saat kita menelan makanan, gas tersebut menerobos masuk ke usus dari darah. Komposisi gas tersebut dari reaksi kimia dan gas dari bakteri perut, dengan kata lain angin yang terbuang dari kentut adalah gas yang masuk ke dalam tubuh dan bau kentut itu sendiri dari bakteri hasil dan olahan makanan di dalam perut kita.

10. Selain Makanan Apa Saja Faktor Kenapa Kentut Ada
Tidak hanya dari makanan saja yang bisa membuat kentut kita bau atau banyak mengeluarkan kentut, namun beberapa kebiasaan seperti banyak menelan udara atau makan terburu - buru, makan tidak dikunyah, minum minuman soft drink, atau pada saat naik pesawat pun bisa menjadi salah satu faktor kenapa kita bisa kentut. Jadi jika anda akan menghadiri sebuah rapat atau pergi ke sebuah acara yang formal kegiatan atau makanan dan minuman yang diatas tadi ada baiknya anda hindari.

Salah satunya di dalam kentut ada gas seperti metana dan hidrogen, gas - gas tersebut mudah terbakar, mungkin anda pernah melihat video di youtube tentang kentut di mana seseorang menyalakan api di depan bokong lalu kentut, lalu apa yang terjadi semburan api pun muncul dan besar. Hal ini membuktikan gas dari kentut cukup berbahaya jika di keluarkan dekat dengan api. Ada kasus di mana dokter pun menjauhkan beberapa alat yang bisa menyemburkan api, ketika akan mengoperasi orang yang mempunyai penyakit di usus.

Walaupun terkesan sederhana atau mungkin beberapa orang berfikir untuk apa mengidentifikasi atau memperhatikan kentut seseorang, namun dibalik hal tersebut kita mendapatkan ilmu atau pengetahun baru yang mungkin saja belum banyak orang yang tahu tentang lima fakta kentut diatas tadi. Dengan menegtahui zat - zat atau kandungan dari kentut manusia pun bisa mengolah hal tersebut menjadi berguna, seperti contohnya mungkin anda pernah mendengar tentang kompor gas yang gasnya sendiri dari kotoran sapi atau kambing. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.
Advertisement
Description: Ini Dia10 Fakta Unik Seputar Kentut Manusia, Rating: 4.5, Reviewer: Din Kusdinar, ItemReviewed: Ini Dia10 Fakta Unik Seputar Kentut Manusia

Ditulis Oleh : Din Kusdinar
Hari: 18.37 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar